-->

FOZ adalah Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpunnya BAZ dan LAZ di Indonesia. berdiri pada hari Jumuat Tanggal 19 Sep 1997
Hadiri dan Ramaikan World Zakat Forum Days 2010 di Yogyakarta 28th September - 2nd Oktober klik di sini

Sabtu, 25 Oktober 2008

MENINGKATKAN SEDEKAH

Ramadhan yang penuh berkah dan hikmah belum sebulan berlalu. Ramadahan adalah bulan yang penuh didikan kesabaran, keikhlasan, semangat beribadah, serta kedermawanan.

Pada bulan ramadhan, Kaum Muslimin berupaya meningkatkan nberbagai amal ibadah dan kesalehannya, baik kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Alangkah indahnya kalau esensi Ramadhan itu terus hadir dalam kehidupan kita pada 11 bulan berikutnya. bukan sebaliknya, begitu bersemangat untuk beribadah dan beramal saat Ramadahan, namun kembali melemah seusasi Idul Fitri.

Ramadhan berasal dari kata Ramadhan artinya "membakar". Membakar dosa-dosa, sifat-sifat buruk dan hal-hal yang tidak baik lainnya dalam hidup kita. Bulan syawwal berasal dari kata Syawwala yang artinya meningkatkan. dengan demikian seharusnya saat ramadhan selesai dan datangnya bulan syawal kita semakin rajin dan giat beribadah baik ritual maupun sosial.

Salah satu didikan Ramadhan adalah kedermawanan. Puasa mengajari dan meggingatkan kita akan orang-orang lain yang tidak sebaik kita. kita tidak makan danminum di sing hari bukan karena tidak punya makanan dan minuman, melainkan hanya mematuhi perintah Allah mengenai puasa, padahal makanan dan minuman tersedia di meja ataupun di kulkas, sementara itu orang-orang miskinhampir tiap hari menahan makan dan minum karena memang tidak punya uang.

Muara puasa adalah Taqwa (QS.Albaqarah[2]:183) salah satu ciri orangyang bertaqwa adalah mereka yang selalu mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rizkinya (QS Albaqarah[2]:3).

Al-quran bertadabbur dengan puluhan ayat menyandingkan perintah shalat dan zakat/infaq. Allah SWT menjanjikan pahala, ampunan dan karunia yang sungguh luar biasa bagi mereka yang gemar bersedekah" dan bersegeralah kamu dengan ampunan dari tuhanmudan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit....(QS Ali Imran [3]:133)

sunnah Rasulullah SAW pun memuat puluhan bahkan ratusan perintah dan kisah yang menjelaskan keutamaan berzakat dan bersedekah. Misalnya "siapa yang menafkahkan hartanya di jalan Allah maka dicatat baginya (pahala) sebanyak 700 kali lipat" (HR Tirmidzi).

Kini Ramadhan telah berlalu, Syawak sudah mendatangi kita. inilah momentum untuk meningkatkan amal ibadah kita khususnya sedekah.

Ref. Republika.Kolom Hikmah by Aulia Akbar Rabu/22/10/08



Dengan memasukan alamat email di box berikut, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru langsung ke email anda

masukkan email di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar