-->

FOZ adalah Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpunnya BAZ dan LAZ di Indonesia. berdiri pada hari Jumuat Tanggal 19 Sep 1997
Hadiri dan Ramaikan World Zakat Forum Days 2010 di Yogyakarta 28th September - 2nd Oktober klik di sini

Minggu, 14 Desember 2008

BUKU TERBITAN FORUM ZAKAT

berikut adalah beberapa Buku yang diterbitkan oleh Forum Zakat, bagi pembaca yang belum memiliki silahkan menghubungi kami atau jika buku tersebut sudah dibagikan secara cuma-cuma silahkan dimendownload dengan mengklik icon download dibawah masing-masing cover buku tersebut.

BUKU TERBARU terbitan Desember 2009.

Munculnya Lembaga Amil Zakat yang bak jamur dimusim hujan dalam dekade terakhir meniscayakan adanya penataan dan pengelolaan yang lebih akomodatif. Adanya UU No. 38 Tahun 1999 Tentang Zakat tidak mampu mewadahi dinamika penataan dan pengelolaan zakat di tanah air.

Isu mengamandemn UU Zakat dengan konsep sentralisasi pengelolaan zakat di indonesia merupakan isu paling aktual di ranah zakat akhir-akhir ini. isu ini akan terus menghangat dan terus bergulir, namun tidak kalah pentingnya dari isu diatas adalah bagaimana menciptakan blue print zakat nasional atau arsitektur zakat di Indonesia, sudah hampir 4 tahun tim yang di bentuk FOZ menyusun blueprint tersebut namun sampai saat ini belum menunjukan hasil yang signifikan.

Buku diatas dengan judul Arsitektur Zakat Indonesia yang ditulis oleh Noor Aflah adalah potret sekaligus jawaban bagaimana proses blueprint Zakat menemukan bentuknya, sejarah yang melandasinya, kerangka apa yang akan sedang dilakukan oleh para praktsi zakat di Indonesia. dalam 25 tahun kedepan.


Tujuan penyusunan laporan keuangan organisasi pengelola zakat (OPZ) adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan aktivitas pengumpulan dan penyaluran zakat yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

adanya perbedaan penyusunan laporan keuangan OPZ hanya akan menyulitkan perbandingan laporan keuangan satu OPZ dengan OPZ lainnya, dan jelas hal tersebut membingungkan para pemangku kepentingan OPZ.

solusi satu-satunya adalah dengan adanya standar akuntansi OPZ atau Pernyataan standar Akuntansi Keuangan OPZ yang saat ini sedang proses terbit.namun sebelum PSAK OPZ diterapkan, keberadaan Pedoman Akuntansi OPZ adalah keniscayaan.

bagi anda para praktisi zakat yang belum sempat memiliki buku ini, sekarang anda dapat mendownload dengan mengklik gambar berikut





buku disamping adalah salah satu upaya untuk melihat bagaimana negara berperan dalam mengambil kebijakan strategis berkaitan dengan pengelolaan zakat.dukungan oleh pemerintah terutama ditijukan dalam hal pengaturan sistem pemungutan dan pendistribusiannya.

buku ini juga meruntut praktik sejarah pengelolaan zakat sejak masa Nabi, Klulafaurrasidin, Khalifah Bani Umayyah, Bani Abbasiyah dan sampai Islam Masuk keIndonesia, masa penjajahan dan berakhir samapi model pengelolaan zakat era modern seperti sekarang ini.

dukungan oleh pemerintah terutama ditijukan dalam hal pengaturan sistem pemungutan dan pendistribusiannya.

bagi anda para praktisi zakat yang belum sempat memiliki buku ini, sekarang anda dapat mendownload dengan mengklik gambar berikut





Pesatnya pertumbuhan lembaga zakat baik di 9indonesia maupun di negara-negara lain di asia Tenggara belum disertai jalinan kerja sama fungsional yang lebih rapi dan terarah. sehingga belum terasa adanya pemanfaatan dana zakat secara lebih optimal dan signifikan. padahal seandainya jika hal itu dilakukan maka zakat dipercaya akan mamapu berperan sebagai instrumen yang isa mengangkat harkat hidup masyarakat dhuafa terutama mereka yang berada di negara berkembang.

dalam rangka menggapai tujuan tersebut, kemudian muncul inisiatif melakukan kerja sama sinergis anata pengelola zakat di Asia tenggara dan terbentuklah Gerakan Zakat Asia Tenggara.

buku ini merupakan kumpulah makalah dari para pembicara pada acara Konferensi Zakat Asia Tenggara II di Padang Sumatra barat.

bagi anda para praktisi zakat yang belum sempat memiliki buku ini, sekarang anda dapat mendownload dengan mengklik gambar berikut.

8 komentar:

teenQueen mengatakan...

assalamualaikum,
gmn caranya kalo mau membeli buku :pedoman akuntansi organisasi pengelula zakat"

Anonim mengatakan...

assalamualaikum,
saya sdh download tp format laporan, chart of account sama cash study gak ada, klo bisa saya bisa dikirimi yg bagian diatas, email sy : tin_yp3is@yahoo.com
terima kasih banyak bantuannya
wassalam

dr: hariyatin

Anonim mengatakan...

saya tidak bisa download, katanya link tersebut telah dihilangkan berkeanaan dengan hak kekayaan intelektual.
dimanakah bila saya mau membeli Buku Pedoaman Akuntansi untuk OPZ ini?
mohon bantuannya untuk memberikan informasi ke email saya aja...dedod71@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum.. saya mahasiswa
terima kasih ada link downloadnya tp,beberapa buku tidak bisa terdownload...

kalau boleh kirimi saya via e-mail alqarni234@yahoo.com
syukron..

karomah mengatakan...

assalamualaikum,,
maaf, mau tanya. berapa jumlah lembaga zakat yang sebenarnya di Seluruh Indonesia, dan berapa lembaga zakat yang berada dikalimantan timur ??

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum.. saya mahasiswa lagi butuh refrensi tugas akhir terkait ZAKAT..sekiranya bisa di bntu.tp,beberapa buku tidak bisa terdownload...
kalau boleh kirimi saya via e-mail aryadi_cs@yahoo.com
syukron..

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum...
Berhubung link download tdk berfungsi lagi.. Mohon bantuannya, untuk kebutuhan literasi terkait penelitian skripsi saya, mohon bantuannya bisa dikirimkan ebook yang berjudul "Zakat dan Peran Negara" ke email mardellapratama@gmail.com
Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih..
Wasalamualaikum wr wb..

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum.. saya mahasiswa lagi butuh refrensi tugas akhir terkait ZAKAT..sekiranya bisa di bntu.tp,beberapa buku tidak bisa terdownload...
kalau boleh kirimi saya via e-mail natamardian@gmail.com

Posting Komentar