-->

FOZ adalah Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpunnya BAZ dan LAZ di Indonesia. berdiri pada hari Jumuat Tanggal 19 Sep 1997
Hadiri dan Ramaikan World Zakat Forum Days 2010 di Yogyakarta 28th September - 2nd Oktober klik di sini

Minggu, 21 Desember 2008

FoZ Silaturrahmi Ke BMI PDI P

Foto Bersama Pengurus BMI
Upaya untuk melakukan sosialisasi dan lobi tagih komitmen moral, kepada partai-partai besar terus dilakukan. Jika sebelumnya pengurus Forum Zakat mendatangi anggota dewan di beberapa fraksi di DPR, kini giliran bersilaturrahmi ke partai berlambang kepala banteng, yakni PDI P. Silaturrahmi kepada partai yang dipimpin Megawati Soekarno Putri ini, diarahkan kepada Baitul Muslimin Indonesia (BMI). 

Akhirnya pada Kamis 18/12 beberapa pegiat zakat, hadir di kantor BMI di Tebet, Jakarta Selatan dengan tujuan bersilaturrahmi dan berdiskusi tentang RUU Zakat. Sekjend BMI, Zainun Ahmadi dan beberapa pengurus BMI hadir menyambut dan turut berdiskusi dengan para pegiat zakat. 

Dalam sambutannya, Ketua Bidang Ekonomi dan Zakat BMI, Nurmansyah E. Tanjung mengatakan belum tahu banyak isi RUU Zakat yang sekarang dibahas di DPR. Karenanya sebelum memberikan tanggapan ia ingin mendengarkan dulu isi RUU dari para pegiat zakat yang hadir pada diskusi malam itu.

Pada pertemuan yang berlangsung mulai pukul 20.00 - 22.00 Wib itu berjalan dengan penuh ukhuwah Islamiyah. Sejumlah gagasan sebagai upaya modernisasi-utuh pengelolaan zakat Indonesia di telaah. Dari kalangan gerakan zakat dipaparkan pokok-pokok pikiran terkait Naskah Akademik Amandemen UU Pengelolaan Zakat yang kini sudah masuk di Prolegnas 2009. 

Beberapa isu utama yang menjadi pembahasan seperti ; perlunya Badan Zakat Nasional/BZN atau Badan Pengelola Zakat (BPZ) yang menjalankan fungsi regulator seperti Bank Indonesia, sanksi dan hal prinsip lainnya dibicarakan secara serius. 

Dari diskusi yang berlangsung selama 2 jam itu, BMI menunjukkan respon positif terhadap isi RUU Zakat. Dan mereka akan menyampaikan RUU ini kepada anggota dewan yang ada di Fraksi PDI P. Sekaligus mendorong anggota dewan agar turut memperjuangkan RUU ini sampai selesai.

Hanya saja Sekjend BMI, Zainun Ahmadi berpesan supaya tetap ingat bahwa tahun 2009 adalah tahun pemilu. Banyak anggota dewan yang mulai focus kampanye. Sehingga kurang perhatian kepada pembahasan RUU.

Karena itu, ia mengingatkan kepada pegiat zakat agar melakukan lobi kepada partai-partai besar lainnya.

Di samping Sekjend dan Ketua Bidang Ekonomi dan Zakat BMI, hadir pula 3 pengurus BMI lainnya. Sementara dari pegiat zakat hadir Noor Aflah (Sekretaris Eksekutif FOZ), Nana Mintarti (Kabid Pengambangan Organisasi FOZ), Viryan Azis (Presnas Gerakan Zakat untuk Indonesia) dan beberapa orang lainnya.

Diakhir pertemuan kedua pihak bertukar bahan dan buku sebagai bentuk silaturahim dan pertemuan tersebut akan dilanjutkan dengan pertemuan lanjutan berikutnya. naf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar