-->

FOZ adalah Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpunnya BAZ dan LAZ di Indonesia. berdiri pada hari Jumuat Tanggal 19 Sep 1997
Hadiri dan Ramaikan World Zakat Forum Days 2010 di Yogyakarta 28th September - 2nd Oktober klik di sini

Minggu, 18 Oktober 2009

Laporan Hari ke-16 Penanganan Korban Gempa Padang APU (Al Azhar Peduli Ummat)

Al-Azhar Peduli Ummat, genap 16 hari dalam membantu korban gempa di Padang dan Padang Pariaman. Dalam kurun itu, spirit kebangkitan bersama, atau dalam bahasa Minangnya Bangkik Basamo, menjadi pelecut antara Al-Azhar Peduli Ummat bersama warga korban gempa untuk segera bangkit. Permukiman, sekolah dan surau, pada akhirnya menjadi kebutuhan yang paling penting dan mendesak.

Sebagian masyarakat, bahkan dengan tenaga dan dananya sendiri, mulai membangun bilik-bilik kecil dari bekas puing rumah. Bangkik basamo inilah yang mendasari Al-Azhar Peduli Ummat, dalam tiap programnya memberi nama bangkik basamo agar ranah minang cepat bangkit. Sinergi program di lapangan, didukung Masyarakat Muslim Banyumas (MMB) dan Yayasan Klaten Peduli Ummat (YKPU).

Berikut program yang dapat dilaporkan dari lapangan, hingga hari ke-16:

1. Rumah Bangkik Basamo

Al-Azhar Peduli Ummat, didukung Masyarakat Muslim Banyumas (MMB), mulai membangun 200 unit rumah, dari 600 rumah tipe 30 (5x6 m, 2 ruang tidur, 1 ruang tamu) yang direncanakan. Peta program Rumah Bangkik Basamo gelombang I, dibangun secara berkelompok di Korong Toboh Olo, Korong Toboh Baru, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang dan Korong Padang Toboh, Korong Tanjung Medan, Kecamatan Ulakan Tapakis. Biaya 1 unit rumah dengan dasar tembok 50 cm, dinding gedhek bambu, dan atap seng, Rp 3,5 juta.

2. Surau Bangkik Basamo

Berdasarkan pengalaman MMB membangun 50 mushola dan 1000 unit rumah pasca gempa, di Yogyakarta dan Klaten, Al-Azhar Peduli Ummat bersama MMB membuat program Surau Bangkik Basamo. Satu surau 6 x 6 meter, dengan pondasi semen 1 meter, atap seng, dan dinding gedhek bambu, memerlukan biaya Rp 10 juta.

3. Benah Nagari

Yayasan Klaten Peduli Ummat (YKPU), mengirim 40 relawan yang dilepas Bupati Klaten. Relawan YKPU yang didalamnya juga bergabung Front Umat Islam (FUI) Klaten, bergerak sebagai pasukan sapu bersih yang membantu masyarakat, membersihkan puing-puing rumah untuk dibangun Rumah Bangkik Basamo. Hingga laporan ini diturunkan sudah 2 korong (desa) yang dibersihkan YKPU.

4. Sekolah Bangkik Basamo

Al-Azhar Peduli Ummat, sudah membangun 1 unit sekolah darurat Al-Azhar Padang. Sekolah dari bahan kayu, triplek, dan atap seng ini, terdiri dari 9 lokal ukuran 4 x 5 meter/lokal. Sejak Senin lalu, murid-murid SD Al-Azhar Kota Padang, sudah dapat belajar dengan normal. Kondisi gedung SD Al-Azhar sendiri tidak memungkinkan untuk dipakai. Selain sekolah Al-Azhar Padang, Al-Azhar Peduli Ummat, juga membangun TK Darurat dari bahan yang sama di TK Amanda Kids di, Toboh Gadang, Padang Pariaman.

5. Program rutin satu bulan.

Sembari melakukan recovery permukiman, surau, dan sekolah, Al-Azhar Peduli Ummat juga melakukan pendampingan anak dengan dongeng bangkik basamo bersama Kak Bimo. Selain itu, juga memberikan layanan medis keliling, antar pasien dari RSUD Padang Pariaman kerjasama dengan Mer-C, Internet gratis kerjasama dengan Air Putih, dan menyalurkan logistik dalam jumlah terbatas. (www.alazharpeduli.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar