-->

FOZ adalah Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpunnya BAZ dan LAZ di Indonesia. berdiri pada hari Jumuat Tanggal 19 Sep 1997
Hadiri dan Ramaikan World Zakat Forum Days 2010 di Yogyakarta 28th September - 2nd Oktober klik di sini

Rabu, 25 November 2009

Training of Trainers Basic ; Awal Pengenalan Isi Pedoman Manajemen Mutu, Training of Trainers Basic

Awal Pengenalan Isi Pedoman Manajemen Mutu

Selama tiga hari mulai tanggal 16 – 18 Nopember 2009, sebanyak 23 peserta perwakilan organisasi pengelola zakat di Indonesia mengikuti acara Training of Trainers (ToT) Basic di Vila Bina Qolbu, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Acara ini diselenggarakan oleh FOZ seiring telah selesainya buku Pedoman Aplikasi Kriteria Manajemen Zakat Unggul yang disusun oleh tim penyusun Standarisasi Mutu.

Pelaksanaan ToT merupakan bagian dari sosialisasi kepada seluruh organisai pengelola zakat di Indonesia, bahwa saat ini telah ada pedoman yang digunakan untuk menyusun manajemen mutu bagi pengelolaan zakat.

Sekaligus acara ToT dijadikan sebagai ajang untuk mempersiapkan calon trainer yang akan diterjunkan ke lapangan untuk menyampaikan isi pedoman tersebut.

Meski demikian, mengingat ToT ini masih bersifat dasar (basic), maka masih perlu dilakukan tahapan dalam menyeleksi mereka yang pantas sebagai calon-calon trainer di masa mendatang. Oleh karena itu, kata Sekjend FOZ, Teten Kustiawan, tahapan berikutnya adalah dilaksanakannya acara ToT tingkat lanjutan (intermediate) dan tingkat tinggi advance.

“Acara ToT ini masih bersifat dasar dan pengenalan. Karenanya belum bisa dikatakan ajang pencarian para trainer,” katanya. Untuk mendapatkan para trainer maka perlu dilakukan dua kali training lagi, yakni tingkat menengah dan tingkat tinggi.

Memang dirasakan sebagian besar peserta bahwa pelaksanaan ToT saat itu, belum bisa dikatakan ajang pencarian calon trainer. Sebab mereka baru mengenal tentang apa dan bagaimana isi pedoman tersebut. Apalagi peserta yang berasal dari lembaga zakat kecil, yang sama sekali belum pernah menerapkan manajemen mutu, boleh dibilang mereka terpaksa mengikuti dari nol. Jadi, lebih tepatnya dikatakan bahwa ToT saat itu adalah pengenalan awal tentang isi Pedoman.

Masih awamnya pengetahuan peserta training tentang manajemen mutu juga terlihat dari pre test dan post test (evaluasi) yang dilakukan oleh panitia. Bahwa hampir 70 persen peserta masih sangat rendah dalam memahami manajemen mutu. Karena itu sangatlah tepat bahwa ToT yang dilaksanakan saat itu masih bersifat dasar (basic) dan pengenalan.

Acara ToT dipandu oleh Trainer utama, M.Surjani Ichsan dan dibantu oleh 9 orang fasilitator pendamping. Mereka terdiri tim penyusun standarisasi dan pengurus FOZ yang ditunjuk.

Sedangkan materi yang disampaikan meliputi ; Konsep & Nilai-nilai Dasar, Profil Organiasasi, Leadership, Strategic Planning, Fokus pada Pelanggan, Fokus pada Amilin, Proses Manajemen, Analisis dan Pengukuran dan Hasil-hasil Aktifitas.

Di akhir pelaksanaan ToT dibuat kesepakatan kontrak bersama. Salah satu isi kontrak adalah kesediaan peserta untuk mengikuti pelaksanaan ToT sampai tingkat akhir, kedua, kesediaan beberapa OPZ menjadi contoh apalikasi pedoman tersebut. [n]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar