-->

FOZ adalah Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpunnya BAZ dan LAZ di Indonesia. berdiri pada hari Jumuat Tanggal 19 Sep 1997
Hadiri dan Ramaikan World Zakat Forum Days 2010 di Yogyakarta 28th September - 2nd Oktober klik di sini

Rabu, 25 November 2009

FOZ – IMZ Tanda Tangani Nota Kesepahaman Riset & Pengembangan Zakat

Forum Zakat (FOZ) dan The Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ) sepakat menjalin hubungan kerjasama riset dan pengembangan zakat di Indonesia. Penandatangan nota kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan pada hari Rabu 04 November 2009 di Jl. Kebonsirih No. 57 Jakarta oleh Ketua Umum FOZ, Ahmad Juwaini dan Direktur IMZ, Nana Mintarti.

Forum Zakat sebagai wadah berhimpunnya organisasi pengelola zakat, baik Badan Amil Zakat (BAZ) maupun Lembaga Amil Zakat (LAZ), memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan sinergi, capacity building, fasilitator dan advocator bagi Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia.

Sementara IMZ adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang riset-kajian, advokasi dan publikasi tentang zakat, pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, serta menyelenggarakan kegiatan terbuka untuk umum dalam pengembangan kapasitas pengelola zakat secara periodik dan berkesinambungan.

Kedua belah pihak memiliki kesamaan visi dan misi dalam riset dan pengembangan zakat serta peningkatan kapasitas OPZ di Indonesia. Oleh karena itu keduanya saling mengikatkan diri dalam nota kesepahaman, yang penandatangannya disaksikan oleh pengurus FOZ, anggota Forum Zakat dan beberapa pihak dari IMZ.

Adapun maksud dan tujuan kerjasama ini adalah melakukan kerjasama khususnya dalam rangka riset dan pengembangan zakat, serta peningkatan kapasitas OPZ di Indonesia serta mensinergikan kerja bersama kedua belah pihak agar terwujud akselerasi riset dan pengembangan zakat, serta peningkatan kapasitas OPZ di Indonesia.

Bentuk kegiatan yang dimaksud dalam nota kesepahaman ini berupa riset, seminar / lokakarya, penerbitan jurnal dan buku, pendidikan dan pelatihan serta, konsultasi dan pendampingan

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal FOZ, Teten Kustiawan mengatakan banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara kedua belah pihak, apalagi IMZ selama ini sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat riset dan penerbitan jurnal. Oleh karena itu sudah seharusnya IMZ bekerjasama dengan FOZ, mengingat peran IMZ sangat strategis bagi think thank (tangki pemikiran) zakat Indonesia.

Salah satu kegiatan terdekat yang akan dikerjasamakan kedua belah pihak di tahun 2009 ini penyusunan Blueprint (Cetak Biru) Zakat Indonesia dan Indonesia Zakat Development Report (IZDR).

Nota kesepahaman ini berlaku sejak tanggal 04 November sampai dengan berakhirnya periode kepengurusan FOZ 2009 – 2012. [na]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar